googledcf4d0288319230d.html catatan si gendut: Membongkar transmisi

Minggu, 25 Juni 2017

Membongkar transmisi



Bongkar Pasang Tranmisi Manual
transmisi manual
MENCARI GANGGUAN PADA TRANSMISI

Catatan
Transmisi manual yang ditinjau dalam servis ini adalah transmisi
manual yang dipakai pada Toyota Kyang dan Corolla.


MELEPAS TRANSMISI DARI KENDARAAN
1. Lepaskan kabel batere dari terminal negatif.
2, Lepas empat sekrup dan karet pada tuas pemindah.
3. Angkat kendaraan dan kuras oli transmisi.
Perhatikan: Pastikan bahwa kendaraan ditopang dengan baik.
 
4. Lepas tuas pemindah.
a. Lepaskan kabel dan karet.
b. Lepas dua baut dan lepaskan tuas pemindah gigi.
5. Lepas pores propeler
 
6. Lepas pipa knalpot.
7. Lepas kabel speedometer dan kilometer switch lampu mundur.
8. Lepas kabel kopling.
9. Lepaskan baut penahan transmisi.
 
l0. Turunkan transmisi.


Catatan: Sebelum menurunkan transmisi, taruh dongkrak di
bawah mesin, lindungi bak oli dengan balok kayu.


MEMBONGKAR UNIT TRANSMISI
Komponen komponen transmisi manual.


Komponen-komponen transmisi manual Toyota Kijang (1-40)


Komponen transmisi manual (Ianjutan)
Langkah-Iangkah membongkar.

1. Lepaskan garpu pembebas dan hub dengan bantalan pembebas.
2. Lepas roda gigi gerak speedometer dam switch lampu mundur.
3. Lepas rakitan tutup bak transmisi.
4. Lepas rumah kopling dan penahan-bantalan depan.
5. Lepas extension housing.
11. Lepas roda gigi counter.  
a) Lepas roda gigi counter.
 
b) Lepas dua bantalan rol jarum dan spacer dari roda counter.
c) Lepas dua cincin dorong dari bak transmisi.
 
 
 
8. Melepas roda gigi counter

12. Ukur celah dorong setiap roda gigi menggunakan feeler  gauge 
ukur celah dorong.
Celah standar : 0,10 10,25 mm (0,0039 — 0,0098 in).  
Celah maksimum : 0,25 (0,01 in). 


9. Mengukur celah dorong setiap roda gigi   

13. Lepas roda gigi Speedometer  
a) Menggunakan tang Snap ring, lepas snap ring. 
 
b) Lepas roda gigi penggerak speedometer.
c) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola pengunci.
 
d) Menggunakan tang Snap ring, lepas snap ring
http://otomotif.web.id/image/12.10.jpg

10.  Melepas roda gigi penggerak speedometer

14. Lepas penahan bantalan belakang poros output dengan bantalannya, roda gigi-1, dua bantalan rol jarum, luncuran dalam, dan bola pcngunci.
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.
http://otomotif.web.id/image/12.11.jpg

11. Melepas snap ring
b) Menggunakan hidrolik pres, lepas penahan bantalan dengan
bantalannya, bersama-sama roda gigi-1, dan luncuran dalam.
c) Lepas dua bantalan rol-jarum
d) Menggunakan tuas magnetik, lepas bola pengunci.

15. Lepas ring synchromesh, hub sleeve no. 1, dan roda gigi-2,
menggunakan SST dan hidrolik pres, lepas hub sleeve no. 1, ring
synchromesh, dan roda gigi-2. SST 09950 - 00020.
http://otomotif.web.id/image/12.12.jpg

12. Melepas hub sleeve ring synchromesh dan roda gigi-2 

16. _ Lepas hub sleeve no. 2, ring synchromesh, dan roda gigi-3. 1
a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.
http://otomotif.web.id/image/12.13.jpg

13. Melepas hub sleeve ring synchromesh dan roda gigi-3
b) Lepas hub sleeve no. 2 bersama-sama ring synchromesh 
dan roda gigi-3.
http://otomotif.web.id/image/12.14.jpg
Melepas hub sleeve bersama-sama ring synchromesh dan roda gigi-3












laporan praktek_over houle transmisi manual
“LAPORAN PRAKTEK”
SISTEM PEMINDAHAN TENAGA OVER HOULE TRANSMISI MANUAL TANGGAL : 5 MAI 2009
SEMESTER 2
POLTEK TEDC BANDUNG WAKTU : 10.00 – 12.00 WIB

TUJUAN
Mahasiswa dapat mengetahui cara kerja over houle transmisi manual seri 3K.
Mahasiswa dapat mengetahui cara kerja transmisi manual seri 3K.
Mahasiswa dapat melakukan pembongkaran dan perakitan transmisi manual seri 3K dengan baik & sesuai prosedur.
Mahasiswa dapat melakukan pemeriksaan pada setiap komponen-komponen jika ada yang mengalami kerusakan .
Mahasiswa dapat melakukan cara perhitungan antara gigi 1,2,3,4 dan gigi mundur.

KESELAMATAN KERJA
Sebelum mahasiswa melakukan praktek harus memperhatikan keselamatan kerja , antara lain:
Pada diri sendiri, yaitu: gunakanlah baju praktek,sepatu, dll.
Pada bahan nya, yaitu: setelah melakukan pembongkaran komponen-komponen diletakan pada tempat yang bersih agar tidak terkena kotoran seperti pasir,debu, dll serta jangan sampai komponen-komponen yang telah dibongkar tercecer atau pun hilang.
Sedangkan pada alat nya, yaitu: gunakan alat-alat tersebut sesuai dengan prosedur yang telah ada, jangan sampai menggunakan alat sembarangan.



C.ALAT DAN BAHAN
Alat yang digunakan
Kunci sok ( 10,12,14,17,19 ).
Tang ( tang cepit, tang biasa ).
Kunci kombinasi ( 10,12,14,17 ).
Palu.
Bahan yang digunakan
- satu buah transmisi manual seri 3k.
- grease.
- kain majun
D.PEMBONGKARAN
Sebelum melakukan pembongkaran pada transmisi manual seri 3K yang harus kita lakukan adalah :
Persiapkan lah alat-alat yang akan kita gunakan yang tertera pada alat dan bahan.
Setelah itu…………
Lepaskan perumahan transmisi terlebih dahulu dengan menggunakan kunci shok 17.

Lepaskanlah perumahan belakang yang terdapat pada transmisi.


Lepaskan perumahan tuas pemindah gigi dengan menggunakan kunci kombinasi 12.


Lepaskan fron cas dengan menggunakan kunci 10.


Lepaskan snap ring,clutch,key spiring dengan menggunakan tang & palu.


Lepaskan output shaft,input shaft beserta gigi 1,2,3,dan 4.


Lepaskanlah idle gear ,counter gear ,gigi penghubung serta gigi mundur dengan menggunakan palu serta pendorong.

Lepaskan gigi 1,2,3,4 pada input & output shaft serta gigi mundur dan penghubung gear.




Setelah semua komponen-komponen transmisi telah dibongkar hasil nya seperti pada gambar berikut ini :





E. PEMERISAAN
Hasil pemeriksaan pada setiap komponen-komponen transmisi manual seri 3K adalah :
input shaft (baik)
output shaft (baik)
speed gear (baik)
counter gear (baik)
sincrons mesh (baik)
hup sleep (baik)
clutch sleep (baik)
key (baik)
shaft idel gear (baik)
idle gear (baik)
tuas pemindah (baik, tapi ada sedikit kerusakan kecil )
garpu pemindah (baik, tapi ada sedikit kerusakan kecil )
sedangkan,
dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan pada transmisi manual pada baut-baut pengikatnya ada yang kurang sehinga tidak sepenunya mengikat antara satu komponen dengan komponen yang lain.
Pada output shaft nya pelor-pelor yang berada didalamnya jatuh berserakan diperumahan gear.
Pada komponen-komponen yang lain tidak megalami karusakan hanya beberapa saja yang rusak.
F.PERHITUNGAN
Keterangan jumlah gigi :
Gigi 1 = 33 ( gigi percepatan = 14 )
Gigi 2 = 29 ( gigi percepatan = 20 )
Gigi 3 = 22 ( gigi percepatan = 27 )
Gigi 4 = 16 ( gigi percepatan = 33 )
Gigi mundur = 23 (gigi percepatan = 14 )
Teman gigi mundur = 33

Gigi 1 = 16/33 x 33/14 = 528/462 1,14 : 1 Memutar = 1,14
Diputar = 1
Gigi 2 = 16/33 x 29/20 = 464/660 0,70 : 1 Memutar = 0,70
Diputar = 1
Gigi 3 = 16/33 x 22/27 = 352/891 0,39 : 1 Memutar = 0,39
Diputar = 1
Gigi 4 = 1 : 1 Memutar = 1
Diputar = 1
Gigi mundur =
16/33 x 23/14 (1,64) = 16/33 x (1,64)/(33 ) = (26,24)/1089 0,024 :1 Memutar = 0,024
Diputar = 1

G.PERAKITAN
setelah melakukan pembongkaran dan pemeriksaan pada transmisi manual seri 3K maka selanjut nya lakukanlah perakitan dengan cara , yaitu :
Pasangkanlah gigi 1,2,3,4 pada input & output shaft serta gigi mundur dan penghubung gear.



pasangkanlah idle gear ,counter gear ,gigi penghubung serta gigi mundur dengan menggunakan palu serta pendorong.
pasangkan output shaft,input shaft beserta gigi 1,2,3,dan 4.


pasangkan snap ring,clutch,key spiring dengan menggunakan tang & palu.

pasangkan fron cas dengan menggunakan kunci 10.

pasangkan perumahan tuas pemindah gigi dengan menggunakan kunci kombinasi 12.

pasangkanlah perumahan belakang yang terdapat pada transmisi.
pasangkan perumahan transmisi terlebih dahulu dengan menggunakan kunci shok 17.

Setelah semua komponen-komponen transmisi telah dipasang kembali hasil nya seperti pada gambar berikut ini :


H.CARA KERJA
Cara kerja masing-masing setiap gigi :
1.Netral
Input shaft → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → counter gear
2.Roda gigi ke 1
Input shaft → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → counter gear → roda gigi ke 1 → clutch hub slevee dan hub no 1 → output shaft
3.Roda gigi ke 2
Input shaft → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → counter gear → roda gigi ke 2 → clutch hub slevee dan hub no 1 → output shaft
4.Roda gigi ke 3
Input shaft → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → counter gear → roda gigi ke 3 → clutch hub slevee dan hub no 2 → output shaft
5.Roda gigi ke 4
Input shaft → roda gigi ke 4 → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → output shaft
6.Roda gigi mundur
Input shaft → roda gigi penggerak utama (roda gigi ke 4) → counter gear → roda gigi idle mundur → roda gigi mundur → output shaft
Gambar cara kerja perpindahan gigi 1,2,3,4 & mundur , yaitu :
Nama komponen-komponen nya :
Poros input
Poros output
Unit sinkromesh
Bantalan rol
Bantalan naf
Roda gigi pinion













Diagram Posisi Gigi
Posisi 1


Posisi 2


Posisi 3


Posisi 4


Posisi R







I.KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan yang saya lakukan pada transmisi manual seri 3K maka dapat disimpulkan :
Transmisi tersebut tidak dapat digunakan dikendaraan yang sesungguh nya karena masih banyak kekuranggan pada transmisi yang saya bongkar, seperti tidak ada nya oli pelumas didalam transmisi tersebut maka dapat menyebabkan gigi-gigi,poros input/output,dll tidak dapat berputar atau menggerakan bagian-bagian dengan sempurna.
Selain itu juga baut-baut/mur pada transmisi banyak tidak ada(hilang),maka pada saat menyatukan antara satu komponen dangan komponen yang lain komponen tersebut tidak terpasang dengan benar akibat nya transmisi tidak dapat digunakan.

Hasil pemeriksaan pada komponen-komponen transmisi manual yang saya bongkar komponen didalamnya masih dalam keadaan baik tetapi ada satu komponen yang mengalami kerusakan yaitu pelor-pelor yang berada pada input transmisi rusak.


















Melakukan Overhaul Sistem Transmisi Manual
1. Lepaskan As pemindah Gigi Transmisi
2. Lepaskan Stoper

3. Lepaskan Gigi Bintang
4. Belahlah bak mesin
5. Lepaskan as garpu
6. Lepaskan tabung dan garpu
7. Lepaskan as primer dan sekunder bersama dengan susunan giginya

4.2. Perakitan Transmisi
1. Bersihkan semua parts dalam cairan pembersih.
2. Oleskan oli mesin bersih pada permukaan roda gigi geser dan bos dan alur shift fork (garpu pemindah gigi) untuk memastikan pelumasan awal.
3. Rakit semua parts pada tempatnya semula.

CATATAN:
o Periksa roda-roda gigi terhadap kebebasan pergerakan atau perputaran pada poros.
o Pasang washers dan snap rings den gan ujung dengan chamfer (dengan pembentukan sisi) men ghadapi sisi dengan beban dorongan.
o Jan gan memakal kembali snap ring aus yang dapat mudah berputar di dalam alurnya.
o Periksa bahwa snap rings duduk dengan benar pada alurnya dan tepatkan celah pada ujungnya dengan alur dan spline (seplain).

Mainshaft (Poros Utama)

4.3. Pemeriksaan Shift Drum (Teromol Pemindah Gigi)
Periksa alur shift drum terhadap keausan atau kerusakan.Ukur D.L. shift drum pada masing-masing ujinya. BATAS SERVIS:
Sisi kiri: 23,940 mm
Sisi kanan:27,940 mm

Ukur D.D. shift drum journal. BATAS SERVIS:
Sisi kiri: 23.98 mm
Sisi kanan: 27,98 mm
Periksa shift drum journals (bantalan luncur teromol pemindah gigi) pada left crankcase (bak mesin kin) dan right crankcase (bak mesin kanan) terhadap keausan berlebihan atau kerusakan.

4.4. Penggantian Bantalan Transmisi
1. Putar lingkaran dalam dari masing-masing bantalan
2. Bantalan harus berputar dengan halus dan tanpa suara, juga periksa bahwa lingkaran luar bantalan duduk dengan erat ada crankcase (bak mesin).
3. _epaskan dan buang bantalan, jika lingkaran tidak berputar dengan halus. tanpa suara, atau duduk dengan longgar pada crankcase.
4. Lepaskan countershaft oil seal (sil oli poros lawan) dan gearshift spindle oil seal (sil oli poros pernindah gigi) dan left crankase (bak mesin kiri).

5. Oleskan cairan pengunci pada ulir baut mainshaft bearing set plate (pelat penahan bantalan poros utama).
6. Pasang mainshaft bearing set plate nada right crankcase (bak mesin kanan) dan kencangkan baut-baut.

7. Oleskan oli mesin bersih pada countershaft oil seal (sil oh poros lawan) baru dan bibir gearshift spindle oil seal (sil oli poros pemindah gigi).
8. Pasang countershaft oil seal dan gearshift spindle oil seal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar